Famous food #1

kerak telor
 Kerak telor adalah makanan khas Jakarta (Betawi) yang terbuat dari bahan dasar beras ketan putih, telur ayam, ebim dan bawang merah goreng yang nantinya diberi bumbu halus meliputi cabai merah, kencur, jahe, garam, gula pasir, merica butiran, dan suiran kelapa sangrai.
Kerak telor kerap hadir pada acara bertemakan Betawi, didampingi dengan asinan betawi membuat kehadirannya seakan melengkapi jajaran makanan khas suku Betawi. Ada yang unik dari cara pembuatan kerak telor, biasanya dilakukan oleh penjual keliling dengan dua tempat yang dipikul, yakni membalikkan wajan cekung saat kerak telor dalam keadaan setengah matang.
Resep Kerak Telor Betawi
Meski kerak telor adalah jajanan khas Betawi, bukan berarti peminatnya hanya orang-orang asli Jakarta. Di sekitaran Pulau Jawa, hampir penduduknya menyukai kerak telor karena rasanya sangat khas dilidah, menjadi idam-idaman ketika timbul keinginan jajan.
Namun, karena banyaknya kreasi masakan di dunia kuliner nusantara, kerak telor sudah jarang dilirik dan bahkan hampir terlupakan.
Bahan :
100 gram beras ketan putih
250 ml air
100 gram kelapa parut, sangrai untuk penabur
15 gram ebi udang, seduh, sangrai, dan haluskan
5 butir telur bebek
30 gram bawang merah, goreng kering
1 sendok makan minyak goreng untuk menumis bumbu halus
Bawang merah goreng khusus untuk taburan
Bumbu yang dihaluskan :
4 buah cabai merah keriting
1/2 sdt merica butiran
3 cm kencur
1 cm jahe
Cara membuat kerak telor betawi :
Rendam beras ketan putih di dalam air selama satu malam, tiriskan.
Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum.
Bubuhkan 1 1/2 sendok makan beras ketan putih pada wajan cekung yang sudah panas. Siram dengan 3 sendok makan air redaman beras, biarkan hingga agak kering.
Pada satu tempat, kocok 1 butir telur bebek, 1/2 sendok teh bumbu halus yang sudah ditumis, 1/2 sendok teh ebi, 1/2 sendok makan bawang merah goreng, 1/8 sendok teh gula pasir, dan 1/8 sendok teh garam bubuk.
Siram campuran tersebut ke atas ketan pada wajan, aduk sambil ratakan dan atur ketebalannya dengan mengira-ngira. Tutup wajan hingga matang. Balik wajan cekung di atas bara api, biarkan sampai benar-benar matang.
Terakhir, taburi kelapa sangrai dan bawang goreng sebelum disajikan.
sumbernya resepmembuat.com


Onde-onde

 adalah sejenis kue jajanan pasar yang populer di Indonesia. Kue ini sangat terkenal di daerah Mojokerto yang disebut sebagai kota onde-onde sejak zaman Majapahi] Onde-onde dapat ditemukan di pasar tradisional maupun dijual di pedagang kaki lima. Onde-onde juga populer khususnya di daerah pecinan baik di Indonesia maupun luar negeri.
Onde-onde terbuat dari tepung terigu ataupun tepung ketan yang digoreng atau direbus dan permukaannya ditaburi/dibalur dengan biji wijen. Terdapat bermacam-macam variasi, yang paling dikenal adalah onde-onde yang terbuat dari tepung ketan dan di dalamnya diisi pasta kacang hijau. Variasi lain hanya dibuat dari tepung terigu dan diberi warna pada permukaannya seperti putih, merah, atau hijau yang dikenal sebagai onde-onde gandum, yang merupakan onde-onde khas dari kota Mojokerto.

Asal mula




Sejarah onde-onde dapat ditelusuri di Tiongkok saat zaman dinasti Tang, di mana makanan ini menjadi kue resmi daerah Changan (sekarang Xian) yang disebut ludeui (碌堆). Makanan ini kemudian dibawa oleh pendatang sana menuju ke daerah selatan Cina, lalu berkembang luas hingga daerah-daerah Asia timur dan tenggara.

Komentar

Postingan Populer