Tape ketan hitam

hallo gyus hari ini aku akan menjelaskan apa itu tape ketan hitam dan juga cara buat dan cra penghidangannya,tapai atau tape adalah makana yang dihasilkan dari proses fermentasi bahan pangan berkarbohidrat sebagai substrat oleh ragi.
tepai hasil fermentasi dengan ragi yang didominasi s,cerevisiae umumnya berbentuk semi cariran,lunak berrasa manis keasaman menggunakan alkohol dan memiliki tekstur lenget.tepai kentan yakni terbuat dari ketan putih maupun ketan hitam,banyak daerah dijawa tapai ini bissa dibuat sendiri dirumah terutama sebagai persediaan pengana disaat lebarang namun tapai ini pun acap dijajakan oleh pedagang keliling dijawa barat dalam kemasan kecil tapai kuningan bahkan telah dikemas secara moderen dan dikardus.

cara pembuat tape ketan pertama rendam beras ketan selama 12 jam setelah 12 jam kukus beras seperti mengukus songkolo,setelah matan angkat lalu dinginkan.

setelah ketan dingin taburkan ragi baru aduk hingga rata.
lalu siapkan wadah bentuk bulat tape dan disimpan diwadah yang tealasdaun pisang simpan disuhu ruangan dan tutup rapat diamkan selama 3 hari 2 malam
setelah hari ketiga kami membuka dan bauhnya sudah kuat jika kurang manis silahkan tambahkan simpel syrup.

Komentar

Postingan Populer