Famous food #4

nasi campur


Nasi campur adalah masakan khas Indonesia Makanan ini terdiri dari nasi putih yang dihidangkan dengan bermacam-macam lauk-pauk. Lauk yang digunakan adalah sambal gorengabonserundengtahu goreng, ikan gorengtelur dan lain-lain. Tergantung dari warung atau rumah makan yang menyajikannya nasi campur dapat memiliki variasi tersendiri. Masakan ini juga sering dijual dalam bungkus kertas atau daun pisang.
Nasi campur adalah hidangan yang ada di mana-mana di seluruh Indonesia dan beragam seperti nusantara itu sendiri, dengan variasi daerah. Tidak ada aturan pasti, resep atau definisi tentang apa yang membuat nasi campur, karena orang Indonesia dan sebagian besar orang Asia Tenggara biasanya mengkonsumsi nasi kukus yang dikelilingi dengan lauk pauk yang terdiri dari sayuran dan daging.Akibatnya, pertanyaan asal usul atau resepnya tidak jelas. Namun nasi campur umumnya dianggap sebagai nasi kukus yang dikelilingi oleh hidangan yang terdiri dari sayuran dan daging, disajikan dalam porsi pribadi, berbeda dengan tumpeng yang disajikan dalam porsi kolektif yang lebih besar atau Rijsttafel yang disajikan dalam perjamuan kolonial yang mewah.

Ada beberapa variasi lokal di seluruh Asia Tenggara: dari Jawa , Bali , Semenanjung Melayu, Borneo, Sulawesi dan Indo kolonialsampai versi Cina Indonesia dari nasi campur. Seorang rekan Minangkabau yang sama disebut Nasi Padang dan menonjol terutama di wilayah Sumatera .

nasi kuning 

Nasi kuning adalah makanan khas Indonesia. Makanan ini terbuat dari beras yang dimasak bersama dengan kunyit serta santan dan rempah-rempah. Dengan ditambahkannya bumbu-bumbu dan santan, nasi kuning memiliki rasa yang lebih gurih daripada nasi putih. Nasi kuning adalah salah satu variasi dari nasi putih yang sering digunakan sebagai tumpeng. Nasi kuning biasa disajikan dengan bermacam lauk-pauk khas Indonesia.
Dalam tradisi Indonesia warna nasi kuning melambangkan gunung emas yang bermakna kekayaan, kemakmuran serta moral yang luhur. Oleh sebab itu nasi kuning sering disajikan pada peristiwa syukuran dan peristiwa-peristiwa gembira seperti kelahiran, pernikahan dan tunangan. Dalam tradisi Bali, warna kuning adalah salah satu dari empat warna keramat yang ada, disamping putih, merah dan hitam. Nasi kuning oleh karena itu sering dijadikan sajian pada upacara kuningan.


Sajian seporsi nasi kuning lengkap, dikelilingi teri kacang, empal gepuk, balado udang, urab, dan sambal goreng kentang.

Komentar

Postingan Populer