Famous local #6

Lapis legit
Lapis legit adalah salah satu jenis kue basah tradisional dari indonesia kue ini pertama kali dikembangkan pada masa kolonial belanda diindonesia yang terinspirasi dari lapis eropa. Lapis legit terbuat dari berbagai macam rempah yang memang sangat disukai oleh orang eropa diantaranya adalah kapulaga,kayu manis,cengkeh,bunga pala, dan adas manis sehingga rasanya sangat khas kaya akan aroma rempah. Kue yang berbahan dasar kuning telur tepung terigu,gula,dan mentega ini memilimi cita rasa yang manis dengan tekstur yang lembut namun kokoh. Adonan kue dipanggang dalam oven secara bertahap hingga membentuk lapisan yang umumnyaerjumlah 18 lapisan yang umumnya berjumlah lapisan yang banyak kue ini dikenal juga dengan sebutan kue seribu lapis.

Lemper
Lemper adalah penganan yang terbuat dari ketan yang biasanya berisi abon atau cincang daging ayam dan dibungkus dengan daun pisang.
Pengan ini terkenal diseluruh indonesia sebagai pengganjal perut sebelum memasuki tahap makan besar.lemper sering dijadikan menu favorit dalam snack box diantara kue tradisional lainnya.pembuatan lemper mencakup persiapan mencincang daging ayam dan menanak ketan seperti menanak nasi (bisa ditambah dengan santan) daging ayam yang sudah dicincang kemudian dibungkus dengan ketan lalu ketan ini dibungkus lagi dengan daun pisang dalam bentuk besar memanjang hingga bentuk menyerupai lontong.selanjutnya dikukus sampai masak dan didinginkan.setelah dingin bungkusan lemper yang memanjang itu diiris melintang dengan ketebalan sesuai keinginan sehingga isi cincang daging ayam terlihat.

Komentar

Postingan Populer